Rapat Kerja dan Training Guru Tahun 2017 “Penguatan Pendidikan Karakter”

     Pada tanggal 21 – 24 Agustus 2017 dilaksanakan kegiatan Rapat Kerja dan Training Guru Yayasan Tunas Lestari Sejahtera di Head Office Karyamas Adinusantara di bilangan Cikini, Menteng Jakarta Pusat. Para peserta yang berjumlah 19 orang merupakan kepala sekolah dan kordinator akademis dari 11 sekolah yang dikelola oleh Yayasan Tunas Lestari Sejahtera di perkebunan kelapa sawit yang tersebar di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah.

Agenda dari kegiatan adalah laporan tahunan sekolah dan rencana aksi tahun mendatang, Training Ketrampilan Menyelesaikan Masalah dan Penguatan Pendidikan Karakter. Hari pertama dibuka dengan pemberian apresiasi kepada sekolah dan  guru berprestasi tahun ajaran 2016/2017,penghargaan ini diberikan langsung oleh ketua umum Yayasan TLS, Bapak Urbanus M. Nangoy.

  1. Sekolah peraih nilai rata-rata Ujian Sekolah Tertinggi : SD Tunas Sejahtera Seriang
  2. Guru Berprestasi Tahun Ajaran 2016/2017: sebagai pengampu mata pelajaran Matematika diberikan kepada Bapak Akhmad Zubair Muttaqien dari SD Tunas Lestari Sungai Kedang, diwakilkan oleh kepala sekolah SD Tunas Lestari Sungai Kedang yakni Bapak Lukman Chakim
  3. Guru Berprestasi Tahun Ajaran 2016/2017: sebagai pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia diberikan kepada Bapak Eko Sisworo dari SD Tunas Sejahtera Seriang
  4. Guru Berprestasi Tahun Ajaran 2016/2017: sebagai pengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diberikan kepada Ibu Lapida Yuniarti dari SD Tunas Sejahtera Seriang

Setelahnya, masing-masing kepala sekolah menyampaikan Laporan Tahunan yang berisi prestasi akademis dan non-akademis tahun ajaran 2016/2017 yang beberapa hari kemudian ditindaklanjuti dengan penyusunan Rencana Aksi 2017/2018 di sekolah masing-masing.

Pada hari kedua dan ketiga, kegiatan diisi oleh pelatihan Ketrampilan Menyelesaikan Masalah yang dipandu oleh Bapak Er Supeno. Dalam pelatihan ini para guru diajak untuk lebih menguasai teknik literasi ketika pembiasaan membaca di kelas, bagaimana mengenali masalah dan cara penyelesaiannya. Salah satu praktek pembelajaran yang menyenangkan adalah membuat permainan ular tangga, di mana para peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing mempersembahkan hasil karya terbaiknya. Tidak menyangka kalau para guru ternyata memiliki kreatifitas yang luar biasa.

Sharing Indra Charismiadji tentang Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Higher Order Thinking

Pada hari terakhir, Bapak Indra Charismiadji selaku pengamat dan praktisi pendidikan dari PT Eduspec Indonesia memberikan sharing mengenai Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Higher Order Thinking.  Yang termasuk dalam kategori kemampuan berfikir tingkat tinggi adalah kemampuan untuk memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinking), kemampuan berargumen (reasoning) dan kemampuan mengambil keputusan (decision making). Dengan mengasah kemampuan berpikir, kita diharapkan dapat menyaring banyaknya informasi yang kini memborbardir lini masa.

Penguatan pendidikan karakter ini merupakan pengejawantahan nilai-nilai Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden RI ke 7, Bapak Joko Widodo, yakni religius, nasionalis, mandiri,  gotong royong  dan integritas. Pada saat para guru kembali ke sekolah masing-masing, diharapkan nilai-nilai dan prinsip Penguatan Pendidikan Karakter ini dapat diterapkan dalam materi pembelajaran yang akan diberikan kepada anak didik.