1

Pada tanggal 30 Juli – 2 Agustus yang lalu dilaksanakan kegiatan training untuk guru-guru serta kepala sekolah SDS Tunas Lestari Sejahtera dengan tema training yaitu Valuable Teacher bertempat di Transformer Center di Batu, Malang. Kegiatan training ini juga disertai dengan kegiatan Rapat Kerja Tahunan untuk menjabarkan pencapaian masing-masing sekolah dan disertai dengan diskusi merancang perangkat untuk mendorong siswa berperilaku berdasarkan nilai-nilai Tunas Lestari Sejahtera : Jujur, Saling Menghargai, Bersungguh hati dan Kreatif. Peserta yang hadir berjumlah 21 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan berkeliling dan berkenalan dengan lingkungan yang ada di Transformer Center, lalu di lanjutkan dengan pertunjukkan spesial dari siswa SMA Selamat Pagi Indonesia yang berjudul “Pesona Garuda” yang menceritakan tentang beragamnya suku, agama, dan budaya yang ada di Indonesia, setelah pertunjukkan selesai para peserta masuk kedalam ruangan untuk rangkaian acara pembukaan secara resmi dari kegiatan Training dan Rapat Kerja Tahunan Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2018. Materi Training disampaikan oleh ibu Sellyana Yovita dari Transformer Center tentang bagaimana menjadi Valuable Teacher yaitu dengan menjadi 5 ahli yaitu ahli bersyukur, ahli berpikir, ahli berkomunikasi, ahli bertindak, dan juga ahli beramal. Pemberian materi ini sangat menarik karena diselingi dengan diskusi, pemberian contoh dan juga pemutaran video yang sesuai dengan materi  yang disampaikan.

2
Peserta berfoto bersama dengan siswa SMA Selamat Pagi Indonesia

Kegiatan hari kedua diisi dengan Experiental Learning dari materi di hari pertama. Para peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang berisi 5 orang setiap kelompoknya lalu masing-masing kelompok berjalan bergantian menuju pos yang telah disiapkan. Para peserta diberikan penugasan berbeda-beda disetiap posnya yang bertujuan agar peserta semakin bersyukur atas segala sesuatu yang mereka miliki saat ini. Di pos terakhir ini para peserta bahkan terlihat sangat emosional hingga meneteskan air mata merenungi apa yang telah mereka pelajari dari awal sesi Experiental Learning ini.

Kegiatan pada malam hari di hari kedua ini diisi dengan sharing session bersama founder SMA Selamat Pagi Indonesia yaitu Bapak Julianto Eka Putra, beliau berbagi pengalaman, ilmu, dan motivasi kepada para peserta. Berbagi ilmu bagaimana caranya tidak mudah putus asa dan senantiasa kreatif dalam menghadapi berbagai masalah yang ada.

3
Sharing session dengan Bapak Julianto Eka Putra Founder SMA Selamat Pagi Indonesia

Pada hari ketiga masuk kepada kegiatan penyampaian laporan tahunan dari Kepala Sekolah, tentang pencapaian, kendala, dan kegiatan apa saja yang telah dilakukan di masing-masing sekolah. Dilanjutkan pada sore harinya dengan diskusi untuk merancang perangkat dan metode untuk memantau dan menilai karakter siswa dalam berperilaku, menjadikan siswa dengan budi perkerti yang baik, dan dapat terukur. Pelaksanaan observasi perilaku siswa ini diharapkan dapat berjalan di pertengahan Agustus ataupun September.

Kegiatan penutupan dihadiri oleh Bapak Urbanus M Nangoy selaku ketua Yayasan Tunas Lestari Sejahtera dan juga Bapak Julianto Eka Putra selaku founder dari SMA Selamat Pagi Indonesia, yang juga menyampaikan sambutan untuk melengkapi acara penutupan ini. Rangkaian acara penutupan ini yaitu pemberian penghargaan kepada guru berprestasi yaitu Ibu Arum Silvia dari SD Tunas Prima Khatulistiwa untuk mata pelajaran IPA, Ibu Yuliana Wardani dari SD Tunas Prima Sejiram untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan Ibu Vinda Vebrianti dari SD Tunas Prima Sejiram untuk mata pelajaran Matematika, selain itu diberikan pula penghargaan kepada sekolah peraih rata-rata nilai tertinggi USBN tahun pelajaran 2017-2018 yaitu SD Tunas Prima Khatulistiwa. Pemberian penghargaan kepada guru berprestasi diserahkan oleh Bapak Thomas selaku Koordinator Sekolah, dan pemberian penghargaan kepada sekolah diberikan oleh Bapak Urbanus. Setelah selesai semua rangkaian kegiatan penutupan dilaksanakan, tidak lupa ditutup dengan foto bersama seluruh peserta.

6
Para penerima penghargaan Guru Berprestasi
7
Penerima penghargaan sekolah berprestasi