Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)  yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di bidang seni di Indonesia. Di samping itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar mempunyai daya cipta, kelembutan hati, serta kecintaan seni dan budaya bangsa

Dalam pengantar panduan FLS2N dikatakan bahwa seni merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pendekatan pendidikan yang lebih humanistik, karena ilmu seni merupakan ilmu tentang estetika (keindahan). Karya Seni yang berupa seni tari, seni suara, seni musik, seni rupa, dan berbagai karya seni lainnya sangat kaya memuat pesan tentang nilai-nilai keutamaan, kebajikan, dan kebijaksanaan.

Dimasa pandemi covid-19 ini penyelenggaraan FLS2N tahun 2021 harus disesuaikan yakni melalui strategi daring/online. Yayasan Tunas Lestari Sejahtera melalui Sekolah Menengah Pertama Sungai Kedang yang berada di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur pun ikut serta dalam tahap FLS2N Tingkat Kabupaten dengan tarian khas Kalimantan Timur yang terdiri atas 2 tarian menjadi 1 gerakan yang berjudul Tari Kreasi Enggang yang dibawakan oleh Novita Gloria Tousalwa, Desi Rahmasari, Nur Faniyanti, Maulidya Azzahra dan Vivi Alvira. Video diambil dari lapangan sekolah kemudian dikirimkan ke pihak dinas pendidikan.

Hasil lomba tingkat kabupaten tersebut, SMP Sungai Kedang berhasil mendapat juara 1 dan lanjut untuk mewakili Kabupaten Kutai Barat di tingkat Provinsi.